Kamis, 20 November 2008

neo fengshui apakah itu?

Akan banyak kata fengshui muncul dalam tulisan yang akan datang maupun yang sudah-sudah.

Latar belakang sosial budaya bangsa CHINA yang merupakan cikal bakal dari fengshui. Bangsa CHINA sebagaimana dengan bangsa-bangsa lain di asia termasuk masyarakat Indonesia merupakan bangsa TIMUR (eastern). Bila dilihat dari segi keterbukaannya, bangsa Timur merupakan bangsa yang dalam pengungkapan boleh dikatakan ber"kelok-kelok". Lain dengan bangsa dengan budaya barat yang dalam pengungkapan lebih bersifat langsung dan terus terang.

Dalam penelusuran lebih dalam tentang unsur-unsur fengshui (air, kayu, api, tanah, logam) didapatkan merupakan salah satu manifestasi bangsa yang bersifat dominan tertutup, sehingga pengungkapan melalui SIMBOLISASI.



Arsitektur psikologi fengshui merupakan suatu telaah dari pengalaman dalam mendesain bangunan/interior/landscape dengan pertimbangan utama 'kemanusiaan' manusia. Tujuan yang hendak dicapai tentunya menempatkan manusia sebagai penikmati hasil perencanaan.

Bagian-bagian "kue besar manusia (diantaranya sifat, hobi, dominasi )" ditelaah secara mendalam dan dijadikan pertimbangan utama dalam perencanaan arsitektur berkonsep psikologi neo fengshui.

Tidak ada komentar: